Sabtu, 04 Februari 2012
tugas logistik
1.
Dalam
pengadaan bahan, bagian produksi ,supplies dan jasa perusahaan , maka
perusahaan dapat membeli dari pihak luar atau dapat pula menghasilkan sendiri.
a)
Hal
yang harus dilaksanakan untuk memilih dan menetapkan keputusan membeli /
membuat sendiri , yaitu :
ü Bahan dan bagian Produksi
Perusahaan tertentu dapat membeli
/ membuat sendiri bahan atau bagian produk yang diperlukannya.Contoh Perusahaan
tekstil dapat membeli memproduksi benang
yang diperlukan.
ü Supplies
Perusahaan memerlukan supplies
untuk pabrik , segel produk , alumunium karton dll.Perlu pertimbangan apakah
akan membeli / membuat sendiri dan apakah dengan membuat sendiri akan
mengahasilkan keuntungan atau tidak.Untuk dapat memutuskan masalah ini perlu
analisis relevansi membeli / membuat dari berbagai segi pertimbangan.
ü Jasa
Perusahaan memerlukan berbagai
macam jasa misalnya : Jasa Listrik , jasa reparasi dan pemeliharaan
dsb.Misalnya : Perusahaan besar harus memutuskan apakah perusahaan tersebut
akan menghasilkan sendiri listrik yang diperlukan dengan memiliki desel
pemangkit listrik sendiri atau akan berlangganan listrik PLN.
ü Pedoman Kebijakan
membuat / membeli
Beberapa pedoman dalam penentuan
kebijaksanaan membuat . membeli dapat dinyatakan dalam beberapa bentuk
pertanyaan sebagai berikut :
·
Apakah
terdapat suatu sumber luar yang dapat
dipercaya ?
Jika jawabannya “tidak” maka
perusahaan harus dapat membuat sendiri bahan atau bagian produk atau supplies
atau jasa yang diperlukannya.Misalnya sebuah perusahaan yang didirikan ditengah
hutan dan tidak dapat terjangkau jaringan listrik PLN,maka harus menghasilkan
sendiri tenaga listrik yang diperlukannya.
·
Jika
terdapat suatu sumber luar yang dipercaya
, apakah sumber tersebut mendatangkan efisiensi bagi perusahaan ?
Efisiensi perusahaan dihubungkan
dengan pengelolaan perusahaan , khususnya pabrik secara total lebih sederhana.
·
Apakah
faktor-faktor lain sudah dipertimbangkan dalam pembuatan keputusan membuat atau
membeli ?
Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah :
Ø Apakah koordinasi dengan sumber-sumber
lain sulit dilakukan?
Ø Bagaimana pengaruh
besarnya volume kebutuhan terhadap rendahnya biaya per unit?
Ø Apakah sumber luar
tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan khusus , misalnya penyerahan
yang cepat ?
b)
Langkah-langkah
yang berhubungan dengan pembelian kepada pemasok
v Jumlah Pemasok
ü Alokasi pembelian untuk
menjamin pelayanan pemasok
: Pemasok yang satu memberikan pelayanan (jangka
waktu pemberian kredit , besarnya tunai
, kualitas barang /jasa dll) berbeda dengan pemasok lainnya.Perusahaan harus
memiliki pemasok terbaik dan dapat mengkonsentrasikan pembeliannya pada satu /
beberapa pemasok atau dapat pula membagikan pembeliannya pada banyak pemasok.
ü Keuntungan dan bahaya
konsentrasi Pembelian
: Keuntungan Pembelian yang dikonsentrasikan adalah
: diperolehnya biaya perunit yang relatif lebih rendah , tetapi pembelian yang
dikonsentrasikan juga menimbulkan resiko yang membahayakan misalnya Kegagalan
kontinyuitas penyerahan yang menyebabkan terganggunya jadwal produksi / operasi
lainnya.
ü Pembelian barang-barang
sukar
: Jenis barang yang diperlukan mungkin sukar
ditemukan / diperoleh , maka pemasok kadang meminta bayaran yang tinggi.
ü Faktor-faktor yang
menentukan jumlah pemasok
: Pembelian yang dikonsentrasikan pada sedikit /
banyak pemasok memiliki kebaikan / kelemahan , perlu dipertimbangkan
faktor-faktor yang dapat dususun pertanyaan sebagai berikut :
1)
Kapasitas
dan kemampuan pemasok untuk memenuhi kebutuhan perusahaan misalnya Harga ,
kualitas barang dan jasa ,pelayanan yang ditawarkan.
2)
Karakteristik umum pemasok yang diinginkan misalnya ukuran
pemasok , lokasi geografis.
3)
Faktor-faktor
pembatas pilihan : transaksi timbal , kebiasaan & konservatisme.
v Jenis Pemasok
ü Pentingnya Kualitas
: Kualitas barang yang dibeli perusahaan akan
mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.
ü Transaksi Timbal Balik
: Pertimbangan khusus dalam memilih jenis pemasok
adalah transaksi timbal balik yang dihasilkan oleh perusahaan dengan pemasok.
ü Pelayanan Pemasok
: Pemasok dipilih atas dasar pelayanan yang mereka
berikan kepada para langganan.
ü Peranan Harga
: Faktor harga yang ditawarkan oleh pemasok jelas
akan sangat menentukan jenis pemasok yang akan dipilih perusahaan.
2.
Apakah
yang saudara ketahui tentang
a.
Prestasi
Logistik
: Berkaitan dengan hasil yang dicapai individu dan bagian / kelompok dalam
perusahaan yang berkonstribusi kedalam organisasi perusahaan yang merupakan
prestasi perusahaan , sehingga akan menentukan keefektifan dan ketahanan hidup
perusahaan.
Pengendalian
manajemen Logistik
: Merupakan kegiatan pengawasan meluruskan dan membetulkan bila terjadi ataupun
akan terjadi suatu penyimpangan dari aturan yang telah ditetapkan.
b.
Pengendalian
menajemen logistik memegang peranan penting dalam meningkatkan prestasi /
perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan (profit) karena
dengan adanya pengendalian menajemen logostik efektivitas dari perencanaan ,
pengoordinasian , kepemimpinan dalam pengelolaan perusahaan dapat terkendali
dapat dipantau dengan baik sehingga dapat menanggulangi perubahan , dapat
menciptakan gerajan yang lebih cepat , menyalurkan pekerjaan antar koordinasi
pekerjaan.Maka prestasi logistik dapat tercapai karena penyedian kemampuan
serta mutu dapat terkendali melalui pengendalian manajemen.
c.
Langkah-langkah
dalam proses pengendalian menurut Robert J.Mockler
1.
Penetapan
Standar.
2.
Pengukuran
Kinerja.
3.
Pengambilan
tindakan perbaikan.
4.
Memudahkan
delegasi dalam kelompok.
3.
Dik D :
14.400 kg
OC : Rp
1000
CC : Rp 10
Ditanya : Volume 1 jumlah pembelian yang ekonomis ?
Berapa kali pemesanan dalam 1 priode atau 1 tahun ?
Jawab
:
Q
=
=
=
=
= 1.697,06 => dibulatkan menjadi 1.697
v Jadi pesanan yang paling
ekonomis adalah 1.697 unit
TC =
=
= 8.485 + 8.485,56
= Rp 16.970,56
v Jadi pemesanan yang
paling ekonomis yaitu 1.697 unit
dengan jumlah yang dikeluarkan sebesar Rp
16.970,56
Frekuensi
pesanan /tahun =
=
= 8,49 dibulatkan menjadi 8
v Jadi dalam 1 tahun / 1 periode
pesanan dilakukan sebanyak 8 kali.
4.
Diketahui
: Rencana penjualan 1 tahun = 600.000 unit
Persediaan Awal =
100.000 unit
Persediaan
akhir = 200.000 unit
Ditanya
: Berapa tingkat perputaran perdsediaan dan besarnya perbulan ?
Jawaban
:
Persediaan
Rata-rata =
=
=
=
150.000
Tingkat
perputaran persediaan =
=
= 4 kali dalam satu tahun
Besarnya
persediaan perbulan =
Penjualan
perbulan =
=
50.000
Maka
besarnya persediaan perbulan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar